Newsletter subscribe

Investigasi

Diduga Tidak Sesuai Teknis Pengerjaan, Proyek TPT Tetap Berlanjut

Posted: Desember 4, 2020 pukul 12:04 am   /   by   /   comments (0)

BOGOR, INVESTIGASI BIROKRASI – Pekerjaan tembok penahan tanah (TPT) yang terletak di Kaum Pandak, Kelurahan Keradenan Kec. Cibinong di duga tidak sesuai dengan teknis pengerjaan. Pasalnya, pengerjaan tembok penahan tanah (TPT) dengan konstruksi pasangan batu diduga tidak sesuai dengan metode pehiscall (metode pengukuran secara manual untuk kedalaman dan lebar pondasi).

Dari keterangan Nina (konsultan pengawas) saat di temui awak media di lokasi pada hari Senin (30/11) pukul 11.00 WIB, terkait foto Pehiscall yang terima awak media dari mandor pekerja, Dirinya (Nina-red) menjelaskan, pehiscall tersebut sudah sesuai standar untuk memulai pengerjaan.

Namun jawaban pihak konsultan pengawas ini bertolak belakang dengan pernyataan Robby sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), saat dihubungi melalui pesan WhatShap oleh awak media dengan mengajukan pertanyaan dan foto yang sama. Robby menyatakan, terkait pehiscall Dirinya sudah tanya ke konsultan pengawas (Nina) dan Loren (pelaksana) di lapangan, bahwa foto tersebut masih setting pehiscall.

Karena ada 2 (dua) jawaban nya bertolak belakang, awak media mencoba mengkonfirmasi kembali ke pihak PPK (Robi) melalui chat WhatShap dan, sekaligus meminta izin melihat foto dokumen Pehiscall yang di pegang oleh pihak PPK.

Dari jawaban pihak PPK mengatakan, “ Mangga pak di atur dengan penyedia. Pelaksana siap untuk membuktikan titik dengan di gali di lapangan.”

Ketika awak media meminta waktu untuk pembuktian bersama pihak PPK di lapangan, Dirinya (PPK) hanya menjawab, “Mangga di atur waktu dengan penyedia, saya kan sudah ada wakil konsultan.”

Diduga pihak PPK berusaha menghindar dari pertanyaan awak media guna pembuktian di lokasi proyek. Untuk diketahui, proyek yang menelan biaya sebesar Rp 464.523.200,00 (Empat Ratus Enam Puluh Empat Juta Lima Ratus Dua Puluh Tiga Ribu Dua Ratus Rupiah) ini bersumber dari anggaran APBD Kab Bogor Tahun 2020. Bertindak sebagai pihak penyedia jasa CV. Maju Terus dan konsultan pengawas PT.GEODINAMIK KONSULTAN dengan waktu pelaksanaan 25 (dua puluh lima) hari kalender.

Berunjuk kepada UU RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi publik, awak media masih menunggu konfirmasi berikutnya dari pihak terkait. (Yus/Beng)

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website